Sabtu, 30 April 2016

pengertian HUKUM PERDATA



A. ISTILAH DAN PENGERTIAN HUKUM PERDATA
Hukum perdata ialah hukum yang memuat semua peraturan-peraturan yang meliputi hubungan-hubungan hukum antara orang yang satu dengan orang lainnya di dalam masyarakat  (kadang-kadang antara anggota masyarakat dengan pemerintah), dengan menitik beratkan pada kepentingan perseorangan.
Para ahli memberikan batasan hukum perdata, seperti berikut. Van Dunne mengartikan hukum perdata, khususnya pada abad ke -19 adalah:
“suatu peraturan yang mengatur tentang hal-hal yang sangat ecensial bagi kebebasan individu, seperti orang dan keluarganya, hak milik dan perikatan. Sedangkan hukum public memberikan jaminan yang minimal bagi kehidupan pribadi”
Pendapat lain yaitu Vollmar, dia mengartikan hukum perdata adalah:
“aturan-aturan atau  norma-norma yang memberikan pembatasan dan oleh karenanya memberikan perlindungan pada kepentingan prseorangan dalam perbandingan yang tepat antara kepentingan yang satu dengna kepentingan yang lain dari orang-orang dalam suatu masyarakat tertentu terutama yang mengenai hubungan keluarga dan hubungan lalu lintas”

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pengertian hukum perdata yang dipaparkan para ahli di atas, kajian utamnya pada pengaturan tentang perlindungan antara orang yang satu degan orang lain, akan tetapi di dalam ilmu hukum subyek hukum bukan hanya orang tetapi badan hukum juga termasuk subyek hukum, jadi untuk pengertian yang lebih sempurna yaitu keseluruhan kaidah-kaidah hukum(baik tertulis maupun tidak tertulis) yang mengatur hubungan antara subjek hukum satu dengan yang lain dalam hubungan kekeluargaan dan di dalam pergaulan kemasyarakatan.
B. ASAL MULA PEMBAGIA HUKUM PERDATA

Menurut hukum perdata Romawi: Corpus luris Civilis, terbagi empat bagian yaitu:
1. INSTITUTIONES
2. PANDECTA
3. CODEX
4. NOVELLES

Di dalam hukum perdata terdapat 2 kaidah, yaitu:
1.       Kaidah tertulis
Kaidah hukum perdata tertulis adalah kaidah-kaidah hukum perdata yang terdapat di dalam peraturan perundang-undangan, traktat, dan yurisprudensi.

2.       Kaidah tidak tertulis
Kaidah hukum perdata tidak tertulis adalah kaidah-kaidah hukum perdata yang timbul, tumbuh, dan berkembang dalam praktek kehidupan masyarakat (kebiasaan)

Subjek hukum dibedakan menjadi 2 macam, yaitu:
1.       Manusia
Manusia sama dengan orang karena manusia mempunyai hak-hak subjektif dan kewenangan hukum.
2.       Badan hukum
Badan hukum adalah kumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan tertentu, harta kekayaan, serta hak dan kewajiban.
Subtansi yang diatur dalam hukum perdata antara lain:
1.       Hubungan keluarga
Dalam hubungan keluarga akan menimbulkan hukum tentang orang dan hukum keluarga.
2.       Pergaulan masyarakat
Dalam hubungan pergaulan masyarakat akan menimbulakan hukum harta kekayaan, hukum perikatan, dan hukum waris.
Dari berbagai paparan tentang hukum perdata di atas, dapat di temukan unsur-unsurnya yaitu:
1.       Adanya kaidah hukum
2.       Mengatur hubungan antara subjek hukum satu dengan yang lain.
3.       Bidang hukum yang diatur dalam hukum perdata meliputi hukum orang, hukum keluarga, hukum benda, hukum waris, hukum perikatan, serta hukum pembuktia dan kadaluarsa.

C. HUKUM PERDATA MATERIIL DI INDONESIA

Hukum perdata yang berlaku di Indonesi beranekaragam, artinya bahwa hukum perdata yang berlaku itu terdiri dari berbagai macam ketentuan hukum,di mana setiap penduduk itu tunduk pada hukumya sendiri, ada yang tunduk dengan hukum adat, hukum islam , dan hukum perdata barat. Adapun penyebab adanya pluralism hukum di Indonesia ini adalah

1.       Politik Hindia Belanda
Pada pemerintahan Hindia Belanda penduduknya di bagi menjadi 3 golongan:
a.       Golongan Eropa dan dipersamakan dengan itu
b.      Golongan timur asing. Timur asing dibagi menjadi Timur Asing Tionghoa dan bukan Tionghoa, Seperti Arab, Pakistan. Di berlakukan hukum perdata Eropa, sedangkan yang bukan Tionghoa di berlakukan hukum adat.
c.       Bumiputra,yaitu orang Indonesia asli. Diberlakukan hukum adat.
Konsekuensi logis dari pembagian golongan di atas ialah timbulnya perbedaan system hukum yang diberlakukan kepada mereka.
2.       Belum adanya ketentuan hukum perdata yang berlaku secara nasional.



D.      SUMBER HUKUM PERDATA TERTULIS
Pada dasarnya sumber hukum dapat dibedakan menjadi 2 macam:
1.       Sumber hukum materiil
Sumber hukum materiil adalah tempat dari mana materi hukum itu diambil. Misalnya hubungan social,kekuatan politik, hasil penelitian ilmiah, perkembangan internasional, dan keadaan georafis.
2.       Sumber hukum formal
Sumber hukum formal merupakan tempat memperoleh kekuatan hukum. Ini berkaitan dengan bentuk atau cara yang menyebabkan peraturan hukum formal itu berlaku

Volamar membagi sumber hukum perdata menjadi empat mecam. Yaitu KUHperdata ,traktat, yaurisprudensi, dan kebiasaan. Dari keempat sumber tersebut dibagi lagi menjadi dua macam, yaitu sumber hukum perdata tertulis dan tidak tertulis. Yang di maksud dengan sumber hukum perdata tertulis yaitu tempat ditemukannya kaidah-kaidah hukum perdata yang berasal dari sumber tertulis. Umumnya kaidah hukum perdata tertulis terdapat di dalam peraturan perundang-undanang, traktat, dan yurisprudensi. Sumber hukum perdata tidak tertulis adalah tempat ditemukannya kaidah hukum perdata yang berasal dari sumber tidak tertulis. Seperti terdapat dalam hukum kebiasaan.
Yang menjadi sumber perdata tertulis yaitu:
1.       AB (algemene bepalingen van Wetgeving) ketentuan umum permerintah Hindia Belanda.
2.       KUHPerdata (BW)
3.       KUH dagang
4.       UU No 1 Tahun 1974
5.       UU No 5 Tahun 1960 Tentang Agraria.

Yang dimaksud dengan traktat adalah suatu perjanjian yang dibuat antara dua Negara atau lebih dalam bidang keperdataan. Trutama erat kaitannya dengan perjanjian internasioanl. Contohnya, perjanjian bagi hasil yang dibuat antara pemerintah Indonesia denang PT Freeport Indonesia.
Yurisprudensi atau putusan pengadilan meruapakan produk yudikatif, yang berisi kaidah atau peraturan hukum yang mengikat pidahk-pihak yang berperkara terutama dalam perkara perdata. Contohnya H.R 1919 tentang pengertian perbuatan melawan hukum . dengna adanya putsan tersebut maka pengertian melawan hukum tidak menganut arti luas. Tetapi sempit. Putusan tersebut di jadikan pedoman oleh para hakim di Indonesia dalam memutskan sengketa perbutan melawan hukum.



Hukum Acara Perdata

A. Pengertian Hukum Acara Perdata
Serbagai bagian dari hukum acara (formeel recht) , maka Hukum Acara Perdata mempunyai ketentuan-ketentian pokok yang bersifat umum dan dalam penerapannyahukum acara perdata mempunyai fungsi untuk mempertahankan, memelihara, dan menegakan ketentuan-ketentuan hukum perdata materil. Oleh karena itu, eksistensi hukum acara perdata sangat penting dalam kelangsungan ketentuan hukum perdata materil

B. Sumber-sumber Hukum Acara Perdata

Dalam praktik peradilan di Indonesia saat ini, sumber sumber hukum acara perdata terdapat pada bagian peraturan perundang-undangan.
1.  HIR (Het Herzine Indonesich Reglemen) atau Reglemen Indonesia Baru, Staatblad 1848.
2.  RBg (Reglemen Buitengwesten) Staatblad 1927 No 227
3.  Rv (Reglemen Hukum Acara Perdata Untuk golongan Eropa) Staad blad No 52 Jo Staatblad 1894 No.63. Namun sekarang ini Rv tidak lagi digunakan karena berisi ketentuan hukum acara perdata khusus bagi golongan Eropa dan bagi mereka yang dipersamakan dengan mereka di muka (Raad van Justitie dan Residentiegercht. Tetapi Raad van Justitie telah dihapus, sehingga Rv tidak beralku lagi. Kan tetapi, dalam praktik peradilan saat ini eksistensi ketentuan dalam Rv oleh Judex Facti (pengadilan negri dan pengadilan tinggi) serta Mahkamah Agung RI tetap dipergunakan dan di pertahankan. Missal ketentuan tentang uang paksa (dwangsom) dan intervensi gugatan perdata.
4.  Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Kitab Undang-Undang Hukum Dagang.
5.  Undang-Undang UU NO. 4 Tahun 2004 tentang Kuasa Kehakiman.
6. UU No.5 Tahun 2004 tentang Mahkamah Agung, yang mengatur tentang hukum acara kasasi.
7. UU No.8 Tahun 2004 tentang Peradilan Umum.
8. UU No.3 Tahun 2006 tentang Peradilan Agama.
9. UU No.1 Tahun 1974 tentang Perkawinan beserta peraturan pelaksanaan.
10.  UU No.2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial.

C. Asas-asas Hukum Acara Perdata
Bertitik tolak kepada praktik peradilan Indonesia maka dapatlah disebutkan beberapa asas-asas umum hukum acara perdata.
1. Peradilan yang terbuka untuk umum (Openbaarheid Van Rechts spraak)
Peradilan yang terbuka untuk umum merupaka aspek fundamental dari hukum acara perdata. Sebelum perkara di sidangkan, maka hakim ketua harus menyatakan bahwa “persidangan terbuka untuk umum” sepanjang undang-undang tidak menentukan lain. (Misal tertutup untuk umum). Apabila hal ini tidak di penuhi maka mengakibatkan putusan batal demi hukum (Pasal 19 Ayat 1 dan 2 UU No.4 Tahun 2004 tentang Kekuasaan Kehakiman).


2. Hakim bersifat pasif (Lijdelijkeheid Van De Rehter)
Dalam asas ini terdapat sebuah aturan yang dikenal dengan (Nemo Judex Sine Actor) yang artinya apabila gugatan tidak diajukan oleh para pihak, maka tidak ada hakim yang mengadili perkara berasangkutan.
3. Mendengar kedua belah pihak.
4. Pemeriksaan dalam dia instansi (Onderzoek In Tween Instantie).
5. Pengawasan putusan lewat kasasi.
6. Peradilan dengan membayar biyaya.

Peradilan perkara perdata pada asasnya dikenakan biyaya perkara (Pasal 4 Ayat 2, Pasal 5 Ayat 2, UU No.4 tahun 2004, Pasal 121 Ayat 4 HIR/Pasal 145 Ayat 4, 192, 194 RBg). Bagi mereka yang tidak mampu membayar biaya perkara dapat mengajukan permohonan kepada ketua pengadilan negeri setempat untuk berperkara secara Cuma-Cuma (Pro Deo).

D. Susunan Badan Peradilan di Indonesia
Menurut UUD 1945 bahwa kekuasaan kehakiman merupakan kekuasaan yang merdeka yang dilakukan oleh Mahkamah Agung dan badan peradilan di bawahnya. Jenis dan dasar badan peradilan di Indonesia terdapat dalam Pasal 10 ayat (1) UU No. 4 Tahun 2004, dikenakan empat lingkungan peradilan di Indonesia yaitu:
1. Peradilan Umum (UU No. 8 Tahun 2004)
2. Peradialn Agama (UU No. 3 Tahun 2006)
3. Peradilan Militer (UU No. 31 Tahun 1997)
4. Peradilan Tata Usaha Negara (UU No. 9 Tahun 2004)
Keempat badan peradilan tersebut kesemuanya di bawah Mahkamah Agung RI. Berdasarkan Pasal 11 (1) UU No 4 Tahun 2004. Mahkamah Agung RI merupakan pengadilan Negara Tertinggi dari keempat lingkungan peradilan sebagaiman disebutkan diatas. Selanjutnya pada ayat 2 disebutkan, kewenangan Mahkamah Agung RI adalah :
1. Mengadili pada tingkat kasasi terhadap putusan yang dierikan pada tingkat terahir oleh pengadilan di mana semua lingkungan peradilan yang berda dibawah Mahkamah Agung.
2. Menguji peraturan perundang-undangan di bawah undang-undang terhadap undang-undang.
3. Kewenangan lain yang diberikan uandang-undang.
Peradilan umum adalah peradilan bagi rakyat pada umumnya mengenai perkara perdata maupun pidana yang dijadikan oleh pengadilan negri dan pengadilan tinggi. Di dalam peradilan umum dibentuk beberapa pengadilan khusus yang berada di lingkungan pengadilan negri yaitu:
1. Pengadilan niaga (pasal 280 UU No. 4 Tahun 1998 tentang Kepailitan)
2. Pengadilan anak (pasal 2 UU No.3 Tahun 1997 tentang Pengadilan Anak)
3. Pengadilan hak asasi manusia (Pasal 2 UU No.26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM)
4. Pengadilan tindak pidana korupsi
5. Pengadilan hubungan industri (Pasal 1 angka 17 UU No.2 Tahun 2004 tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industri).

Peradilan Agama, Militer dan Tata Usaha Negara merupakan peradilan khusus karena mengadili perkara tertentu atau mengenai golongan rakyat. Berdasarkan UU No.3 Tahun 2006 tentang Pengadilan Agama, kewenangan pengadilan agama di perluas sebagai mana diatur dalam Pasal 49 yaitu: pengadilan agama bertugas dan berwenang memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara di tingkat pertama antara orang-orang beragama islam di bidang perkawinan, waris, wasiat, hibah, wakaf, infaq, dan ekonomi syariah.



E. Proses dan Prosedur Berperkara
Ada beberapa tahap berperkara dalam perkara yang akan dilalui oleh pihak-pihak yang akan melakukan gugatan-gugatan di Pengadilan Negeri dalam perkara perdata. Prosedur dan langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut:
1. Memasukan gugatan/permohonan, baik secara lisan maupun tertulis.
2. Melakukan pemanggilan para pihak secara patut.
3. Gugatan dikabulkan dengan verstek (tanpa hadirnya Tergugat) apabila telah di panggil secara patut berturut-turut 3 kali tidak hadir.
4. Pemeriksaan lanjutan apabila para pihak hadir (dengan memberikan hak masing-masing pihak untuk menjawab, mengajukan, replica dan publik).
5. Mengajukan alat-alat bukti berupa: bukti surat, bukti saksi, persangkaan pengakuan, dan sumpah (Pasal 164 HIR).
6. Keputusan hakim, yang memiliki beberapa sifat
a. Putusan declaration, yaitu putusan ang bersifat menerangkan atau menegaskan keadaan hukum semat mata.
b. Putusan contitutif, yaitu putusan yang meniadakan suatu keadaan hukum atau menimbulkan suatu keadaan hukum baru, contohnya putusan perceraian, dan putusan kepailitan.
c. Putusan condemnatoir, yaitu suatu putusan yang berisi penghukuman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan tinggalkan kritik dan saran anda